Saturday, February 8, 2020

Sky World, TMII



Bismillaah

Hari ini, alhamdulillaah, kelas 6 SDIT Al Hidayah berkesempatan untuk melaksanakan field trip ke Sky World, TMII (Taman Mini Indonesia Indah). Sky World merupakan salah satu anjungan di TMII yang berkonsentrasi pada bidang eduwisata antariksa. Tempat ini sangat cocok untuk anak-anak dalam mempelajari antariksa dengan cara yang menarik dan menyenangkan.
Begitu memasuki area Sky World, kita akan disambut dengan replika astronot lengkap dengan baju astronot dan background luar angkasa di lobi. Setelah membeli tiket, kita akan masuk ke dalam Sky World yang berupa lorong. Lorong ini mirip dengan lorong pesawat luar angkasa. Jadi, kita serasa berada di pesawat yang dindingnya dihiasi dengan gambar-gambar beserta informasi tentang antariksa. Ada penjelasan tentang macam-macam planet, benda-benda luar angkasa selain planet, tokoh-tokoh dunia yang telah menemukan teropong bintang, dan lain-lain.


Sambil berjalan, kita bisa sekaligus belajar mengenal luar angkasa dan segala sesuatu yang ada di sana. Selain itu juga ada sebuah teropong bintang yang dipajang di salah satu sisi lorong tersebut. Ada juga ruangan yang menggambarkan stasiun pengendali luar angkasa. Di sana dapat kita lihat benda-benda semacam komputer, layar display, dan tombol-tombol yang digunakan untuk mengendalikan pesawat luar angkasa. Di luar ruangan itu, di lantai bawah, terdapat miniatur roket yang berdiri dengan gagah.
Selesai menikmati sajian informasi yang sangat lengkap tersebut, kita menuju ke ruang film 5 dimensi. Di sana kita dapat menikmati sajian film yang sangat mendebarkan dan menguji adrenalin. Sangat seru dan menghibur.
Setelah itu, sampailah kita di bagian akhir petualangan luar angkasa dengan menikmati keindahan luar angkasa di planetarium. Di sana kita akan melihat langit Jakarta pada detik dan menit saat itu, real time. Selain itu, kembali kita akan mengenal luar angkasa dengan tontonan yang menarik sambil duduk santai.


Selain hal-hal di atas, Sky World juga dilengkapi dengan wahana Perang Laser, kolam renang, trampolin, dan panjat tebing. Biasanya, juga ada peluncuran roket air. Tetapi, tadi kami tidak melihat itu.
Demikianlah, wisata yang menyenangkan. Belajar sambil bermain.

No comments: