Friday, February 14, 2020

Bersyukur


Bismillaah

Syukur dan sabar adalah senjata seorang mukmin. Ketika mendapatkan sesuatu yang menyenangkan, ia bersyukur. Ketika mendapatkan sesuatu yang tidak menyenangkan, ia bersabar. Salah satu tanda bersyukurnya seorang mukmin, ia selalu bahagia dan tersenyum. Apa pun yang menimpanya, diyakininya sebagai takdir Allah yang pastinya memiliki maksud dan tujuan yang baik. Itu bukti betapa sayangnya Allah kepadanya. Ujian atau musibah yang ditimpakan kepadanya, adalah untuk menaikkan derajatnya di sisi Allah. Bukan untuk menjerumuskannya ke dalam kesengsaraan.


Jangan sampai kita tidak bersyukur dengan semua yang telah diberikan kepada kita, baik atau buruk, senang atau sedih, lapang atau sempit, sukses atau gagal. Semua pasti ada hikmahnya, yang kadang baru kita sadari di akhir waktu kita. Mukmin yang tidak bersyukur, sesungguhnya hampir dekat dengan kufur. Na'udzubillahi min dzalik.


Kadang kita tidak menyadari, betapa banyak, dan tak terhitung, nikmat Allah yang diberikan-Nya kepada kita. Kita lebih suka mencari-cari sesuatu yang tidak ada daripada mensyukuri yang ada. Astaghfirullah.

No comments: