Thursday, February 13, 2020

Jagalah Keluargamu



Bismillaah
Keluarga merupakan salah satu pilar penting dalam masyarakat dan sebuah negara. Dari sanalah tumbuh dan berkembang individu-individu yang nantinya akan menjadi generasi penerus suatu bangsa.


Tak heran, bila Allah, melalui QS. At Tahrim ayat 6, memerintahkan kita untuk menjaga keluarga kita dari api neraka. Perintah ini menandakan betapa pentingnya seorang pemimpin keluarga, kepala keluarga, membimbing dan mengarahkan keluarganya sehingga nantinya dapat terhindar dari siksa neraka. Di sisi lain, ayat ini juga menyuruh kita untuk berdakwah, terutama kepada keluarga. Karena berdakwah, pada intinya adalah amar ma'ruf nahi mungkar, mengajak kepada kebaikan dan mencegah dari kemungkaran.
Bila kita berhasil menjaga keluarga kita, mudah-mudahan Allah kumpulkan kembali di surga-Nya seperti tercantum dalam QS. At Thuur ayat 21-26.


Allah SWT berfirman:
وَا لَّذِيْنَ اٰمَنُوْا وَا تَّبَعَتْهُمْ ذُرِّيَّتُهُمْ بِاِيْمَا نٍ اَلْحَـقْنَا بِهِمْ ذُرِّيَّتَهُمْ وَمَاۤ اَلَـتْنٰهُمْ مِّنْ عَمَلِهِمْ مِّنْ شَيْءٍ ۗ كُلُّ امْرِیءٍ بِۢمَا كَسَبَ رَهِيْنٌ


"Dan orang-orang yang beriman, beserta anak cucu mereka yang mengikuti mereka dalam keimanan, Kami pertemukan mereka dengan anak cucu mereka (di dalam surga), dan Kami tidak mengurangi sedikit pun pahala amal (kebajikan) mereka. Setiap orang terikat dengan apa yang dikerjakannya."
(QS. At-Tur: Ayat 21)


Maka, dari keluarga yang menjaga diri mereka dari api neraka itulah, InsyaaAllah akan terciptalah masyarakat yang baik. Bila setiap keluarga, setiap individu ingin selamat dari api neraka, tentulah mereka akan bertindak dan bertingkah laku yang baik, tidak semaunya sendiri. Karena mereka yakin, ada alam akhirat, tempat segala perbuatan, bahkan bisikan hati, akan dihisab. Akan diperhitungkan.

No comments: