Monday, February 17, 2020

Kekuatan Cinta



Bismillaah


Judul : Orang Lumpuh Naik Haji
Penulis : Mulyanto Utomo
Penerbit : PT Smart Media Prima
Cetakan : ke-1, 2019
Tebal :   184 halaman
ISBN : 978-602-51864-2-4


Ini adalah buku tentang cinta. Cinta seorang istri kepada suaminya. Cinta seorang muslim kepada saudaranya. Cinta seorang umat kepada panutannya. Cinta seorang hamba kepada Penciptanya.
Kalau bukan karena cinta, tentu sulit bagi seseorang yang menderita paraplegia inferi, kelumpuhan total dari pinggang hingga ujung kaki. Jangankan untuk berjalan thawaf mengelilingi Ka'bah sebanyak tujuh kali, untuk menggerakkan kaki saja tidak bisa. Tetapi, kekuatan cinta memang dahsyat dan tak bisa diprediksi. Kekuatan itulah yang menyingkirkan segala kelemahan, yang menyingkirkan segala keraguan, yang menyingkirkan segala kemustahilan.
Itulah yang dialami oleh Pak Mulyanto Utomo, mantan kepala pimpinan sebuah koran ternama di Solo ini. Cintanya yang menggebu kepada Allah, menggelorakan semangatnya untuk bisa datang ke Baitullah, melaksanakan ritual haji, yang bagi orang sehat dan normal saja sungguh melelahkan dan sangat menguras tenaga. Tetapi dengan segala keterbatasannya, beliau bisa menjalani semua rukun dan sunnah haji, meski dengan tetap di atas kursi roda.


Pengalaman beliau ini, tentunya menjadi pelajaran buat kita agar bisa lebih kuat dan lebih maksimal dalam beribadah kepada Allah, terutama ibadah haji. Jangan sampai kita yang memiliki tubuh sempurna dan sehat walafiat, kalah semangat dan ghirah dengan beliau.

No comments: