Saturday, February 1, 2020

Menimba Ilmu Lagi

Bismillaah


Masih tentang berburu ilmu dengan Ustadzah Ely. Kata beliau, capaian ngaji kita itu harus meningkat. Ibarat orang kuliah, jangan mau menjadi mahasiswa abadi. So, kalau kita belajar ilmu agama Islam, alias ngaji, jangan hanya diam di tempat. Apa yang kita pelajari, harus terus bertambah. Dan apa yang kita pelajari jangan hanya berhenti pada diri kita. Ilmu yang sudah kita dapatkan, harus disebarluaskan kepada orang lain. Selain agar lebih bermanfaat, juga agar dakwah tidak berhenti pada diri kita. Meski tanpa kita dakwah akan tetap dan terus berjalan, alangkah ruginya kita kalau tidak bersama dakwah.



Inti materi yang kita pelajari saat mengaji adalah Al Qur'an. Oleh karena itu, harus ada target untuk bisa selalu menghafalnya. Kehadiran kita di setiap kajian rutin pekanan, jangan hanya diniatkan untuk menjadi pendengar yang baik. Menjadi pengumpul materi yang disampaikan oleh ustadz atau ustadzah kita. Ada yang lebih penting dari materi, yaitu Al Qur'an. Sesuatu yang wajib dilakukan saat pertemuan pekanan itu adalah tilawah dan menghafal Al-Qur'an. Ini harus selalu ada dalam agenda. Andai kita konsisten untuk menjalankan ini, menghafal Al-Qur'an seperempat halaman dalam satu pekan, InsyaaAllah dalam satu tahun kita sudah hafal satu juz. MasyaAllah.


Memang segala sesuatu tergantung kepada niat dan kesungguhan, tekad dan azam yang kuat. Untuk itu, kita harus berada dalam jamaah agar kita lebih kuat dan konsisten. Karena, amal yang dilakukan secara berjamaah akan terasa lebih mudah dibandingkan amal yang dilakukan sendiri.


Semoga kita bisa istiqomah untuk membaca dan menghafal Al-Qur'an, untuk menjaga Al Qur'an. Aamiin ya rabbal'aalamiin

No comments: