Thursday, March 5, 2020

Tantangan

Bismillaah



Selain ikut program KLIP 2020, saya saat ini juga tergabung di komunitas ODOP (One Day One Post). Di sini juga terdapat beberapa program yang ditawarkan kepada anggotanya. Setiap orang bebas memilih program apa yang akan diikuti. Saya memilih bergabung di OTM (ODOP Tembus Media). Di sini kami diajari bagaimana cara mengirim naskah ke media. Di sini pula kami diberi tantangan untuk mengirim naskah ke media yang menyediakan honor bagi tulisan yang dimuat.

Tantangan bulan ini adalah mengirim puisi. Bagi saya, menulis puisi itu sama susahnya dengan menulis cerpen. Kalau puisi untuk dinikmati sendiri, saya sudah sering membuat, dan mudah sekali. Puisi yang dibuat untuk diri sendiri itu mudah sekali karena tinggal mengikuti perasaan kita. Tapi tidak, untuk puisi yang dikirim ke media. Lebih nyastra, lebih rumit diksinya, lebih berkerut kening saya saat membacanya, apalagi saat membuatnya.



Bisa nggak ya, saya membuat puisi yang nyastra? Tapi, namanya belajar ya, harus berusaha, kan ya? Kalau nggak dicoba, kita tak akan pernah tahu, apakah kita mampu atau tidak. Kalau pun setelah berusaha ternyata hasilnya masih jauh dari bagus ya, nikmati saja sebagai proses menuju keberhasilan. Tak ada kesuksesan tanpa perjuangan, kan?
Semangat mencoba!!!

No comments: