Tuesday, March 10, 2020

Hiburan

Bismillaah


Salah satu kebutuhan manusia adalah mendapatkan hiburan. Bagi sebagian orang, hiburan mungkin sudah menjadi bagian dari kebutuhan pokok. Bila suatu saat tidak mendapatkannya, ia akan merasa ada yang kurang, bahkan merasa menderita.


Saat ini, banyak sekali jenis hiburan yang bisa kita dapatkan dengan mudah karena kecanggihan teknologi. Dulu, bila ingin mendapatkan hiburan, orang harus berjalan mendekati tempat hiburan tersebut. Entah itu tempat pagelaran wayang kulit, layar tancap, bioskop, panggung konser musik, atau yang lainnya. Namun sekarang, semua itu ada di genggaman. Ya, gawai atau telepon pintar telah menyediakan begitu banyak hiburan yang mudah dan murah, tanpa harus capai dan mengeluarkan uang banyak.



Tetapi kemudahan teknologi selalu diiringi dengan efek samping yang mengikutinya. Begitu pun dengan gawai atau gadget ini. Kecanggihannya telah melenakan para penggunanya, bahkan merusaknya. Tidak mengenal tua atau muda, besar atau kecil, semua telah teracuni dengan teknologi modern yang satu ini.


Salah satu dampak negatifnya yang sedang marak saat ini adalah begitu banyaknya anak-anak, remaja, dan orang dewasa yang kecanduan game online. Sudah banyak pula korban yang berjatuhan akibat game online ini. Dari yang sekadar mengalami kelainan pertumbuhan, sampai yang meninggal dunia. Astaghfirullah.



Tak hanya itu. Kecanggihan gadget membuat penggunanya untuk mengakses tontonan apa pun yang ia mau. Akibatnya, setiap orang bisa menonton apa saja tanpa adanya sensor seperti di tivi atau bioskop. Hal ini sangat berbahaya. Apalagi untuk anak-anak dan remaja yang proses berpikirnya belum matang dan sempurna. Sehingga apa yang ia tonton sangat melekat dalam pikiran mereka dan mereka sangat menunggu kesempatan untuk bisa mempraktikkan apa yang mereka tonton.


Itulah yang telah terjadi hari ini dan hari-hari yang telah lalu. Anak-anak dan remaja korban tayangan film yang tidak bertanggung jawab. Akhirnya mereka melakukan apa yang ia lihat di film. Menyiksa dan membunuh tanpa ada rasa takut apalagi penyesalan. Mereka justru merasa puas. Na'udzubillahi min dzalik.
Ya Allah, selamatkanlah generasi Islam dari segala marabahaya dan juga godaan setan yang terkutuk. Aamiin ya rabbal'aalamiin.

No comments: