Monday, October 31, 2016

Habibie & Ainun

Bismillaah

Akhirnya selesai juga membaca buku yang penuh inspirasi dan motivasi ini. Alhamdulillah. Buku setebal 323 halaman ini, sarat dengan nilai-nilai luhur yang sangat bermanfaat dalam hidup berumah tangga dan bermasyarakat. Pak Habibie dan Ibu Ainun telah memberikan kontribusi dan suri tauladan yang sangat baik kepada kita semua. Semoga Allah membalas jasa keduanya dengan yang lebih baik, aamiin.

Sejak kecil, sama seperti anak-anak Indonesia lainnya, saya sangat mengagumi Pak Habibie, yang menurut saya super pintar ini. Jadi, walaupun pada masa reformasi dulu, ada beberapa elemen masyarakat yang tidak menyukainya dan malah menghujat, kekaguman saya pada beliau tidak pernah pudar.

Setelah membaca buku ini, kekaguman itu semakin bertambah. Kalau dulu, saya begitu takjub dengan berbagai prestasi Pak Habibie, sekarang saya sangat terpukau dengan segudang prestasi dan aktivitas Ibu Ainun. Perjuangan, pengorbanan, pengabdian, dan perhatian beliau, menjadi salah satu sebab sukses sang suami. Seperti pengakuan Pak Habibie, "Di balik sukses seorang tokoh, tersembunyi peran dua perempuan yang amat menentukan, yaitu ibu dan isteri."


Ibu Ainun dan Pak Habibie adalah dua cinta sejati, sehingga mereka bisa saling mengerti satu sama lain meski hanya dengan pandangan mata tanpa kata-kata. Saling mengisi dan menguatkan, saling menasihati dan mengingatkan.


Kalau boleh saya simpulkan, cinta mereka begitu indah karena dilandasi iman kepada Allah. Mereka tidak pernah meninggalkan salat lima waktu, bahkan Ibu Ainun tak pernah melewatkan satu malam pun tanpa membaca Al Qur'an. Sehingga hampir semua ia hafal dan maklumi. (Hal. 274) Padahal kesibukannya dalam mendampingi suami dan menjalankan aktivitas sosialnya sangat padat dan menguras energi, hingga beliau jatuh sakit.


Selain itu juga karena kepedulian beliau terhadap masyarakat yang kurang mampu dengan menyediakan beasiswa Orbit, dan juga mendirikan Bank Mata Indonesia, juga organisasi sosial lainnya.  Hidup mereka benar-benar bermanfaat tidak hanya untuk diri dan keluarganya, tetapi juga bangsa  dan negara. Masyaallah. Semoga akan semakin banyak Habibie dan Ainun yang lahir dan memberikan banyak kontribusi pada negeri tercinta Indonesia. Aamiin ya robbal'alamiin.


4 comments:

Sakif said...

Kemarin aq juga liat film rudi habibie kak... Liat karakter kakek habibie sejak kecil yang kuat, tegas sekaligus keras.. Masya Allah... Smoga Allah limpahkan beliau umur yg penuh berkah

Nindyah Widyastuti said...

Aamiin
Saya belum lihat filmnya, tapi sudah baca bukunya. Luar biasa, ya.

Ciani Limaran said...

Saya nunggu film Rudy habibie yang ketiga... Benar, menginspirasi.

Sitampan Tampan said...

Ini kan ada versi filmnya juga ya k.. tapi aku blum nnton..