Saturday, October 29, 2016

Janji Kehidupan

Bismillaah

Janji kehidupan yang lebih baik selalu tergenggam di tangan anak-anak.

Kalimat yang diucapkan Karang, salah seorang tokoh dalam novel Tere Liye yang berjudul Moga Bunda Disayang Allah ini, sangat mengesankan bagi saya. Kalimat ini sangat inspiratif dan sarat dengan motivasi. Terutama bagi saya, seorang ibu sekaligus guru yang menghadapi berbagai karakter anak dengan kemampuan dan latar belakang yang berbeda-beda.

Seringkali, saat menghadapi anak yang agak sulit diarahkan, atau agak sulit diajari, rasanya ingin menyerah saja. Bagaimana tidak? Berbagai cara dari yang lembut sampai yang penuh dengan ketegasan, bahkan dibumbui dengan ancaman, ternyata tidak berpengaruh.

Yang paling membuat saya sedih dan juga kesal, saat mengajari anak yang sikapnya tidak sopan dan tidak bisa menghargai guru. Sudah dinasihati, dielus, dipuji, diberi kata-kata positif seperti anak sholih, anak pintar, tapi malah membantah. Aku nggak sholih, aku nggak pintar.

Duuh, rasanya ingin menangis saja. Astaghfirullah, astaghfirullah....  Heran, makan apa, ya anak ini? Kok kelakuannya begitu amat?

Tapi bila ingat kalimat di atas, semangat kembali merasuki kalbu. Setiap anak pasti akan memiliki kesuksesan dan masa depan yang baik bila diarahkan dengan baik pula. Tugas kita orang tua dan gurulah untuk mengantarkan mereka menjemput masa depan yang indah.

Tak ada kata putus asa. Apalagi mereka adalah anak-anak yang sehat jasmani dan rohaninya. Helen Keller yang buta, tuli, dan bisu saja bisa mengguncang dunia dengan prestasinya, apalagi anak-anak kita. Pasti bisa lebih hebat lagi.

Dan, kehebatan itu, tentu atas peran besar orang-orang di sekitarnya; orang tua dan guru terutama.

#Semangat!!!

4 comments:

Na said...

Tulisannya sangat menginspirasi. Benar sekali. Janji kehidupan itu ada pada mereka, anak-anak.

Na said...

Tulisannya sangat menginspirasi. Benar sekali. Janji kehidupan itu ada pada mereka, anak-anak.

Ainayya Ayska said...

Menjadi guru yang baik itu tidak mudah, hehe

Ciani Limaran said...

Tantangannya beraaat... Mksii mbak utk informasi dan motivasinya.