Sunday, March 22, 2020

Google Form



Bismillaah


Belajar jarak jauh atau yang sering disebut juga kelas online,   atau yang sekarang dikenal dengan BDR (Belajar dari Rumah) yang bahasa Inggris-nya LFH (Learning from Home), ternyata lebih menyita waktu, tenaga, pikiran, dan juga biaya. 

Namun, di balik itu semua, banyak hikmah yang bisa saya petik. Di antaranya, saya jadi lebih banyak belajar. Kalau kemarin saat pertama launching kelas online, saya belajar bagaimana menggunakan google classroom. Baru saja saya belajar bagaimana membuat soal menggunakan google form.


Ternyata membuat soal dengan google form lumayan melelahkan dan sulit karena ketidaktahuan saya. Waktu di sekolah memang diberi tahu cara-caranya, tapi ternyata kurang lengkap. 

Setelah selesai membuat soal, sengaja saya kerjakan sendiri soal tersebut untuk mengetahui apakah hasilnya sudah benar. Dan, benar saja, skor saya 0 (nol). Padahal, kunci jawaban juga saya yang buat. Saya pikir, saya salah memasukkan kunci jawaban. 

Saat pertama input, saya memasukkan kunci jawaban berupa kalimat, persis seperti yang ada dalam soal. Ternyata salah. Lalu saya coba ganti dengan huruf pilihan, ABCD. Salah juga. Lalu, bertanyalah saya kepada rekan guru yang pertama kali mengajari cara membuat soal dengan google form ini. Ternyata jawabannya tidak memuaskan, malah membingungkan karena mungkin saya juga bertanyanya tidak jelas.


Setelah lelah dan pusing, akhirnya saya searching cara membuat soal dengan google form. Alhamdulillaah, setelah menonton tutorialnya, akhirnya terungkaplah kesalahan saya. Ketika memasukkan kunci jawaban, seharusnya tinggal diklik jawaban yang benarnya. Lha, saya malah memasukkan jawaban di kolom  "feedback". Jelas saja, salah. Alhamdulillaah akhirnya selesai juga membuat 45 soal. 

Dan, alhamdulillaah saya jadi tahu bagaimana membuat soal dengan google form. Selama ini sudah sering mengisi tapi tidak tahu dan tidak mau tahu caranya. Sekarang, karena terpaksa, jadi bisa. Alhamdulillaah, wa syukurillah. Tapi saya lupa belum berterima kasih kepada orang yang telah memberikan tutorial di YouTube. Semoga Allah membalas kebaikannya dengan berlipat ganda, aamiin ya rabbal'aalamiin.

No comments: