Wednesday, April 13, 2022

MCU


Bismillah


Hari Senin, tanggal 11 April 2022 lusa, saya kembali menjalani MCU alias medical check-up di Rumah Sakit Annisa, Lemah Abang. Dua tahun yang lalu, saya sudah MCU di sana juga. Tapi karena ibadah haji tertunda dua tahun, maka sekarang harus MCU lagi.


Sebelumnya, pada hari Sabtu tanggal 9 April 2022, ada pengumuman dari pemerintah Arab Saudi bahwa tahun ini mereka membuka kesempatan ibadah haji untuk seluruh umat Islam sedunia. Namun, karena pandemi belum benar-benar hilang, ada beberapa peraturan yang harus ditaati. 


Selain itu, kuota haji pun belum sebanyak biasanya. Tahun ini, Arab Saudi memberikan kuota sebesar satu juta untuk dalam negeri dan seluruh dunia. Indonesia sendiri, belum diketahui mendapatkan kuota berapa. Jadi, saya pun belum tahu pasti akan berangkat tahun ini atau tidak. Semoga Allah mengizinkan saya menunaikan ibadah haji tahun ini.


Sebenarnya, rencana pergi haji sudah dari tahun 2007. Saat itu, suami mendaftarkan kami berdua untuk pergi haji bersama. Beliau sengaja resign dari pekerjaannya agar bisa pergi haji. Keinginan beliau sih, kami pergi bertiga dengan ibu mertua. Tetapi ibu mertua belum mau. Akhirnya kami hanya mendaftar berdua.


Saat itu, antrean haji belum sepanjang sekarang. Tahun 2007 mendaftar, 2008 berangkat. Qadarullah, saya hamil, jadi batal berangkat bersama suami. Alhamdulillah 'alaa kulli haal. Semua pasti ada hikmahnya.


Setelah melahirkan, ternyata kami belum ada biaya untuk pelunasan. Jadi, saya harus menabung dulu. Tahun 2018, kalau tidak salah, pihak Bank Mandiri Syariah (sekarang Bank Syariah Indonesia) menghubungi dan memberitahukan bahwa tabungan saya sudah cukup untuk pelunasan haji. MasyaaAllah, bahagia banget waktu itu. Tapi, karena pemberitahuannya mendadak, saya belum bisa berangkat tahun itu.


Baru pada tahun 2019, suami berinisiatif mendaftarkan saya ke KBIH (Kelompok Bimbingan Ibadah Haji) Data (Darut Taqwien) yang dipimpin oleh Ustadz KH. Sonai Abdurrahman, berlokasi di Sukatani. Sore itu, tanggal 19 November 2019 kami pergi ke sana. Sampai sana bada Maghrib. Kami langsung mendaftar dan melengkapi administrasi.


Pada tanggal 22 nya, saya diantar suami, Mas Ery Marjianto, membuat paspor di kantor imigrasi yang berlokasi di kota Bekasi. Kami naik motor berboncengan. Lumayan jauh juga dari rumah.


Lalu, pada tanggal 31 Desember 2019, saya MCU di RS Annisa. Itu yang pertama. Sekarang yang kedua. Semoga, tahun ini, Allah mengizinkan saya dan umat Islam yang seharusnya berangkat tahun 2020, bisa menunaikan ibadah haji. 


Oya, tahun ini, peraturannya, yang boleh pergi haji adalah mereka yang usianya di bawah 65 tahun. Kemudian sudah harus vaksin dua dosis dan harus menyertakan PCR dengan hasil negatif.


Ya Allah, ridhoilah rencana hamba untuk menunaikan ibadah haji tahun ini, mudahkanlah segala urusan hamba, dan jadikanlah hamba haji yang mabrur. Aamiin yaa mujibassaailin 🤲🏻

No comments: