Wednesday, April 29, 2020

Belajar dari Asma Nadia



Bismillaah
Sesi talk show berikutnya dari Kang Tendi Murti adalah dengan Mba Asma Nadia. MasyaAllah, nggak nyangka saya bisa melihat dan mendengarkan suara penulis yang sukses dengan novelnya yang banyak difilmkan ini.


Beberapa nasihat beliau adalah, jadi penulis itu jangan pernah merasa sombong, karena  di atas langit masih ada langit. Penulis yang seperti itu, justru penulis yang belum apa-apa, meskipun sudah punya buku.


Nasihat berikutnya adalah, ketika menulis, niatkan tidak hanya ingin menyenangkan hati pembaca, tetapi niatkan juga untuk mencari rida Allah. Dengan begitu, InsyaaAllah tulisan kita akan menjadi ladang pahala bagi kita.


Ketiga, menulislah untuk berdakwah. Akan sangat membahagiakan bila melalui tulisan kita orang lain menjadi lebih baik. InsyaaAllah akan menjadi amal jariyah.


Sedangkan beberapa tips menulis dari Mba Asma adalah membuat sinopsis sebelum menulis. Hal ini penting agar kita tidak tetap dalam jalur saat menulis. Ini juga bermanfaat untuk mengingatkan bila kita lupa dengan alur cerita. Setelah itu, lakukan riset agar tulisan kita berkualitas, tidak sekadar mengarang yang tidak jelas dan tidak ada landasannya. Lalu, agar tulisan kita bagus dan kita juga semangat dalam menulis, kita harus jatuh cinta dengan (tema) tulisan yang akan ditulis.


Menyikapi adanya alasan beberapa orang yang tidak bisa menulis karena tidak memiliki fasilitas yang memadai, beliau berpendapat bahwa tak ada alasan untuk tidak menulis. Banyak penulis yang tidak punya fasilitas tetapi tetap produktif dan berhasil menjadi penulis sukses.

Sedangkan tentang writer's block, kata Mba Asma, kalau terkena writer's block, segera move on. Kalau kata Pak Cahyadi Takariawan, cari ide lain. Yang penting tetap menulis.

Jadi, tak ada alasan untuk tidak menulis. Mari menulis setiap hari. Karena untuk menjadi expert, perlu latihan 10.000 jam! Ya Allah, mudahkan kami untuk menjadi penulis yang bermanfaat dan menginspirasi banyak orang untuk menjadi lebih baik dan lebih taat kepada-Mu, aamiin ya rabbal'aalamiin.

No comments: