Sunday, April 26, 2020

10.000 Jam

Bismillaah

Hari ini dengar materi dari Bang Tendi Murti tentang bagaimana menjadi seorang expert. Menurut cerita beliau, Bill Gates, sang raja Microsoft itu, sukses karena sudah berlatih dalam bidang komputer selama 10.000 jam. Teori 10.000 jam ini dicetuskan oleh seseorang, yang saya lupa namanya.

Nah, kalau kita ingin menjadi penulis yang sukses, berarti kita pun harus menjalani latihan menulis terus-menerus selama 10.000 jam. Wow! Sanggupkah?

Salah satu tips yang beliau sampaikan adalah, minimal dalam sehari, kita harus meluangkan waktu untuk menulis selama dua jam. Ya, dua jam. Kalau sehari dua jam, berarti butuh berapa tahun supaya bisa mencapai 10.000 jam? 5 tahun, 10 tahun?

Tak penting berapa tahun yang akan kita habiskan. Kalau memang sudah ada tekad, pasti akan ada jalannya. If there is a will, there is a way. Pasti akan ada jalan. Yang terpenting ada niat dan ikhtiar.

Baru saja mendengar materi itu, saya langsung mendapat pesanan tulisan dari seorang guru saya. Beliau minta dibuatkan latar belakang masalah dan identifikasi masalah tentang "Pemberlakuan Lockdown Masa Pandemi Covid-19 di Lembaga Pendidikan". Saat pertama baca pesan itu, entah mengapa, saya langsung pusing. Ini maksudnya apa??? Akhirnya saya tinggal tidur saja. Wkwk.

Setelah pusing hilang, barulah saya mulai searching di google dan buka-buka skripsi zaman kuliah dulu. MasyaAllah, sudah berapa tahun ya? 17 tahun lebih! Tapi, nggak papa, kan saya ingin menjadi penulis yang expert. Ini adalah tantangan perdana. Alhamdulillaah, akhirnya selesai juga pesanan tulisan tersebut. Semoga tidak salah dan sesuai dengan apa yang diinginkan. Aamiin.





No comments: