Sunday, April 5, 2020

Persiapan Ramadan 4



Bismillaah


Ramadan sudah terlihat di kejauhan, bayangnya semakin dekat. Tak sabar rasanya menunggunya. Semoga kita bisa bertemu dengannya, memeluknya erat dengan amal ibadah yang optimal, sehingga kita bisa mendapatkan gelar orang-orang yang bertaqwa seperti firman Allah dalam surat Al Baqarah ayat 183.


يٰۤـاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا كُتِبَ عَلَيْکُمُ الصِّيَا مُ کَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِکُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُوْنَ ۙ 


"Wahai orang-orang yang beriman! Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu agar kamu bertakwa."


Agar Ramadan menjadi lebih bermakna dan tak terlewat begitu saja, kita harus mengetahui amalan apa saja yang bisa dilakukan.


Amalan atau ibadah utama di bulan Ramadan adalah
1. berpuasa dengan baik dan benar selama Ramadan
2. berinteraksi dengan Al Qur'an
3. memperbanyak doa dan istighfar
4. berusaha untuk i'tikaf di masjid walau hanya sehari
5. memperbanyak infaq dan sedekah
6. melakukan salat Tarawih dan Qiyamullail.

Selain ibadah utama, kita perlu juga memiliki target khusus agar Ramadan lebih optimal. Target tersebut adalah
1. khatam Al Qur'an minimal 3 kali
2. Qiyamullail setiap malam
3. infaq Rp10.000,00 per hari
4. mengajak saudara/tetangga/teman untuk belajar Islam (tarbiyah).


Dan target-target lainnya, yang setiap orang berbeda dengan yang lainnya. Bisa juga kita tambahkan dengan minimal membaca satu buah buku tentang keislaman, atau yang lainnya.

Semoga Ramadan kali ini lebih baik daripada tahun lalu, dan semoga wabah covid-19 ini segera berakhir, sehingga umat Islam bisa beribadah di bulan Ramadan dengan menggunakan maksimal, aamiin ya rabbal'aalamiin.

No comments: