Monday, April 6, 2020

Belajar Daring

Bismillaah

Sudah hampir sebulan, saya work from home, anak-anak study at home. Pusing rasanya karena harus melihat hp dan laptop hampir sepanjang hari, bahkan di sebagian malam. Dari pukul 07.30 hingga 12.00 adalah jam kerja saya, jadi harus online. Setelah itu, waktunya anak-anak belajar dan mengerjakan tugas dari gurunya.


Mendampingi anak-anak belajar, merupakan kesibukan yang membutuhkan kesabaran ekstra. Tidak hanya menjelaskan, tetapi kita juga harus ikut menghafal, bila tugasnya berupa hafalan. Ikut mempraktikkan, bila tugasnya merupakan unjuk kerja, seperti senam dan menari. Benar-benar luar biasa. Di sekolah, saya hanya mengajar mata pelajaran yang memang sesuai dengan bidang saya atau passion saya. Namun saat ini, saya harus bisa mengajar semua bidang. Subhanallah.


Ketika yang diajari adalah anak SD, ilmu saya masih memadai. Tapi, begitu mengajari anak SMA, terasa betapa dangkal ilmu saya. Sulit nian pelajaran anak SMA zaman sekarang. Tidak seperti saat SMA saya. Mau tidak mau, saya jadi ikut belajar lagi. Alhamdulillaah, sekarang zaman canggih. Tak ada buku, bisa pinjam perpustakaan online seperti ipusnas, atau langsung bertanya ke Mbah Google. Alhamdulillaah.


Banyak hikmah yang Allah berikan melalui ujian wabah ini. Semoga kita termasuk orang-orang yang bisa mengambil hikmah dan pelajarannya sehingga kita bisa naik derajat di mata Allah. Semoga Allah segera menghilangkan wabah ini, sehingga kita bisa beraktivitas dengan normal kembali. Karena, bagaimana pun juga, belajar di rumah tidak sekondusif belajar di sekolah. Apalagi buat saya yang belum punya ilmu tentang homeschooling.
Ya Allah, kuatkan kami dalam menghadapi ujian ini, selamatkanlah kami, ya Allah yang Mahaperkasa dan Mahakuasa, aamiin ya rabbal'aalamiin.

No comments: