Tuesday, May 5, 2020

Blessings in Disguise

Bismillaah

Pembelajaran daring telah memaksa para guru untuk melek teknologi. Selama ini guru terbiasa mengajar secara langsung, bertatap muka dengan siswa sehingga tidak terlalu pusing dengan teknologi modern. Termasuk saya. Apalagi di sekolah tempat saya mengajar memang dilarang menggunakan gadget sebagai media belajar. Paling banter, kami hanya menggunakan proyektor sebagai media pembelajaran. Itu pun sangat jarang karena harus bergantian dengan guru lain.

Kini, di saat wabah Corona menguasai dunia sehingga memaksa semua orang untuk tinggal di rumah saja, membuat para guru harus berpikir keras mencari cara bagaimana menyampaikan materi pelajaran dengan cara yang menarik. Internet menjadi satu-satunya jembatan yang bisa menghubungkan guru dengan siswa. Berbagai aplikasi pun tersedia untuk memfasilitasi program belajar jarak jauh ini. Dari aplikasi sederhana yang hanya berfungsi untuk "chatting" (percakapan), sampai yang bisa digunakan untuk konferensi (meeting).

Hari ini kami berlatih menggunakan aplikasi "meeting" Cisco WebEx. Dengan aplikasi ini kami akan mengadakan program "Sapa Ananda", sebuah program pembelajaran yang ditujukan untuk menyapa peserta didik yang hampir dua bulan ini tidak bisa bertemu dengan guru-gurunya. Bahasa sederhananya, ini ajang temu kangen antara guru dan siswa.

Dalam kegiatan gladi bersih ini, ternyata ada seorang teman kami yang mengalami kesulitan dalam mengoperasikan aplikasi ini sehingga terpaksa beliau harus ke rumah saya. Berkali-kali beliau mencoba masuk ke aplikasi, tetapi selalu gagal. Jadi tambah panik. Dalam situasi kita panik dan pikiran tidak tenang, memang bisa membuat kita jadi seperti kehilangan akal. Setelah berkali-kali gagal, bahkan sampai membuat akun email baru, alhamdulillaah berhasil juga. Perjuangan yang luar biasa.

Di balik segala kesulitan yang kami temui, ada hikmah yang bisa kita petik. Kami jadi banyak belajar tentang berbagai aplikasi online. Selain itu, kami juga jadi bisa memberikan materi pelajaran dengan lebih menarik menggunakan power point dan video. Alhamdulillaah, pasti ada hikmah di balik segala kesulitan. Every cloudy has a silver lining. Blessings in disguise.

No comments: