Saturday, April 2, 2016

Bersama Kesulitan Ada Kemudahan

Bismillaah

Pernahkah Anda merasakan situasi seperti mendaki gunung yang terjal? Pasti melelahkan dan menguras energi, bukan?
Pernahkah Anda merasa hidup ini sangat berat dan memayahkan?
Tapi, sukakah Anda, bila telah sampai di puncak gunung nan terjal itu, pemandangan yang luar biasa indah siap mengobati keletihan Anda?
Sukakah Anda, bila di balik kepayahan dan kepenatan yang tak tertahankan itu, Allah berikan kemudahan dan kelancaran yang tak pernah terpikir?

Namun, seringkali kita lebih mendahulukan keluh-kesah saat keletihan ataupun kepayahan menghampiri. Sering, kita lupa kepada sunnatullah yang sudah kita hafal rumusnya.

فَاِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًا  ۙ

Maka sesungguhnya bersama kesulitan ada kemudahan,
[QS. Al-Insyirah: Ayat 5]

Rumus yang sudah kita hafal di luar kepala, namun sering dilupakan atau dianggap tidak ada.

Betapa banyak di antara kita, yang setelah mendapat kesulitan atau musibah, tetiba mendapat anugerah yang tak ternilai harga dan bandingannya. Ada yang sangat menginginkan kehadiran seorang momongan setelah bertahun-tahun usia pernikahannya, tapi bukannya mendapatkan momongan, malah sang isteri tertimpa musibah kecelakaan. Ibarat sudah jatuh, tertimpa tangga. Tentu sakitnya berlipat-lipat.

Namun Allah tidak tidur. Ia selalu berjaga memantau hamba-hamba mana yang pandai bersabar. Maka, setelah sang isteri pulih kesehatannya, Allah kirimkan kabar gembira kepadanya tentang janin yang telah menghuni rahimnya. Masyaallah.

Ada pula yang dalam beberapa pergantian kalender, hidupnya selalu dalam tekanan atasannya. Diabaikan dan didzolimi hak-haknya sudah menjadi santapan rutin sehari-hari. Namun ia tak berdiam diri dan pasrah. Upaya untuk mengingatkan sang bos tak pernah bosan dan tiada henti dilakukan. Tapi sepertinya jalan sudah mulai buntu dan kesabaran semakin menipis. Sedangkan hidup tak bisa ditunda apalagi dihentikan.

Di saat-saat kritis seperti itu, Allah datangkan berita gembira tentang suatu tempat yang dipimpin oleh seorang arif bijaksana. Tidak hanya pimpinan baik yang diperolehnya, bahkan upah pun jauh lebih baik dari sebelumnya. Itulah buah perjuangan dan kesabaran yang terus disemai.

Maka sesungguhnya bersama kesulitan ada kemudahan. Mahabenar Allah dengan segala firman-Nya.

#OneDayOnePost
#MenulisSetiapHari


2 comments:

Dewie dean said...

Odop berapa?

irma said...

yups.. bersama kesulitan ada kemudahan