Saturday, May 15, 2021

Berkontribusi


Bismillaah

Keadaan saudara-saudara kita yang berada di Palestina, telah menggerakkan hati seluruh umat Islam untuk bersatu-padu memberikan kontribusi terbaiknya. Tak terkecuali umat Islam di Indonesia. Berbagai lembaga swadaya masyarakat langsung membuka kesempatan untuk berdonasi. Di antaranya ada Aksi Cepat Tanggap (ACT), Komite Nasional atau Rakyat Palestina, Adara, dan lain-lain. Semua berlomba-lomba menghimpun donasi untuk sekadar meringankan beban muslim Palestina.

Bahkan, di Australia, banyak yang melakukan aksi demo menuntut pembebasan Palestina. Demo itu tidak hanya diikuti oleh kaum muslim, namun juga dari warga non muslim. Semua ingin memperlihatkan kepada dunia bahwa apa yang telah dilakukan oleh Israel laknatullah jelas-jelas suatu kezaliman. 

Tadinya, saya hanya berpikir untuk berdonasi atas nama sendiri. Kalau pun mengajak orang lain, paling hanya orang-orang terdekat, keluarga dan para sahabat. Hingga, seorang sahabat penulis menawarkan bukunya dengan harga yang dinaikkan, namun hasil penjualannya akan didonasikan ke Palestina. MasyaAllah, itu ide yang sangat cemerlang! 

Saya pun terinspirasi mengikutinya, setelah terlebih dahulu minta izin kepada beliau. Daripada buku saya nganggur dan hanya teronggok pasrah di kardus tanpa tahu kapan ada yang membeli, lebih baik untuk donasi. Lebih bermanfaat, dan semoga lebih berkah. Aamiin.

Ide cerdas, kata sahabat saya, Bu Iin, yang dengan semangat ikut mendukung dan membantu memublikasikan. Setelah saya share di grup teman-teman sekecamatan Serang Baru, langsung ada beberapa teman yang japri. Mereka juga ingin membantu memublikasikan. Alhamdulillaah. Niat baik saya disambut antusias oleh saudara-saudara seiman. هذا من فضل ربي

Dalam sehari, sudah banyak yang ingin membeli. Namun kebanyakan mereka bayarnya nanti saat buku diantar karena terkendala tidak bisa transfer. Tidak masalah. Meskipun begitu, alhamdulilaah dalam sehari itu, terkumpul 775 ribu rupiah, dan langsung saya setorkan ke KNRP.

Yang membuat saya terharu dan yakin bahwa semua ini atas kehendak Allah, ternyata teman-teman tidak hanya transfer sejumlah harga buku. Mereka benar-benar ingin berinfak, sehingga yang mereka transfer lebih dari yang semestinya. MasyaAllah, tabarakallah.

Semoga apa yang saya lakukan ini dicatat Allah sebagai amal ibadah. Saya menceritakan ini tidak bermaksud untuk riya'. Saya hanya ingin mengungkapkan rasa bahagia saya. Betapa kebaikan itu sangat cepat merambat dan menular ke semua orang. Dan, semua itu terjadi karena Allah yang menggerakkan hati kaum muslim.

Saya juga berharap, semoga buku saya bermanfaat, berkah, dan menginspirasi sehingga saya pun kecipratan pahala. Aamiin yaa rabbal'aalamiin 🤲.

No comments: