Monday, January 25, 2016

Masih tentang Membaca

Bagi yang sudah terbiasa membaca, ini adalah sebuah aktivitas yang menyenangkan dan mengasyikkan. Karena dengan membaca, kita bisa seolah-olah sedang berjalan-jalan ke tempat yang belum pernah kita datangi. Dengan membaca, kita mendapat banyak ilmu pengetahuan dan wawasan baru. Dengan membaca pula, kita bisa mendapatkan inspirasi dan motivasi untuk berbuat sesuatu; suatu kebaikan.
Manfaat membaca yang sya sebutkan terakhir ini dialami oleh anak saya, Mufid. Ketika dia masih berumur kira-kira 4-5 tahun, saya pernah membacakannya sebuah buku, saya lupa judulnya. Buku itu bercerita tentang seorang anak yang selalu terlambat masuk sekolah karena bangun kesiangan. Karena ingin bisa bangun pagi, singkat cerita, dia menulis kata-kata motivasi di selembar kertas dan menempelkannya di dinding kamarnya. Sejak itu dia selalu bangun pagi dan tidak terlambat sekolah lagi.
Cerita ini ternyata sangat melekat di benak Mufid. Waktu itu bulan Ramadhan. Seperti biasa, saya selalu memotivasi anak-anak agar bisa ikut puasa, tidak terkecuali Mufid. Dan, masyaallah, di luar dugaan saya, Mufid sangat ingin bisa ikut sahur. Tanpa ada yang menyuruh, dia menulis di selembar kertas, "Aku besok harus bisa bangun jam 4". Persis seperti di buku itu, Mufid pun menempelkan kertas itu di dinding kamarnya. Atad izin Allah, esok paginya, Mufid benar-benar bangun pukul 4 pagi untuk makan sahur. Dan dia bisa puasa sehari penuh di usianya yang masih balita. Alhamdulillah, barakallah Mufidku yang sholih.

2 comments:

saepudin said...

Luar biasa. Ketika motivasi dalam diri begitu besar, tak ada kata tidak mungkin

Airhein said...

sebaik-baik teman duduk adalah buku....