Thursday, January 21, 2016

#onedayonepost

#hari keempat
Membaca buku sudah menjadi barang langka pada abad keduapuluh satu ini, tetutama di kalangan anak-anak dan remaja. Hal ini terjadi karena ada yang lebih menarik dari pada buku, yaitu gadget. Padahal membaca buku sangat banyak manfaatnya. Tapi kebanyakan orang akan merasa cepat lelah matanya dan mengantuk bila membaca buku. Sedangkan bila bermain gadget bisa seharian tanpa rasa lelah dan mengantuk. Andaikan mereka tahu nikmatnya membaca buku.... Tapi mungkin mereka sudah tahu, ya? Hanya saja, menurut mereka, lebih asyik bermain gadget.
Minimnya minat baca ini tetjadi pada murid-muridku, yang notabene orangtuanya termasuk kalangan menengah ke atas. Ketika mereka saya minta untuk membuat laporan tentang buku cerita yang sudah mereka baca (yang mereka miliki), banyak yang protes karena tidak punya buku cerita satu pun! Mereka hanya punya buku pelajaran. Alasannya macam-macam. Yang membuat sedih, ada yang beralasan katanya orang tua mereka tidak mengizinkan dan tidak pernah membelikan buku cerita. Astaghfirullah. Menurut orang tua mereka, buku cerita hanya akan membuat anak-anaknya malas belajar! Sungguh menyedihkan! Di zaman modern ini masih ada yang alergi buku cerita.  (Bersambung)

2 comments:

MS Wijaya said...

Bagus mba tulisannya :) ringan tapi dalam. Kasian bgt ya sm org* yg alergi buku hehehe, padahl dr buku itu banyak bgtmanfaatnyaa

saepudin said...

miris sekali. Gadget sudah mulai merambah ke anak SD. Mereka lebih memilih bermain gadget dibandingkan buku.