Wednesday, January 16, 2019

Mencintaimu Berbuah Surga

                                                                        Sumber: google



Bismillaah


Mencintai dan dicintai adalah dua hal yang sangat erat berkelindan. Keduanya sulit untuk dipisahkan. Meski ada juga beberapa kasus bertepuk sebelah tangan; mencintai tapi tidak dicintai. Namun untuk yang satu ini, sebelum mencintai, kita sudah dicintai terlebih dulu. Bahkan jauh sebelum keberadaan kita. Siapakah dia yang begitu hebat, sudah mencintai bahkan sebelum keberadaan yang dicintai ditetapkan? Apakah dia ibu kita? Ayah kita? Ternyata bukan. Dialah Sang Rasululullah , penghulu para nabi, yang cintanya kepada umatnya telah ada dan telah tumbuh subur meski kita belum ada. Apa buktinya? Ucapan beliau menjelang wafatnya, “Ummatii, ummatii.” Umatku, umatku. Bukan anak atau keluarga yang beliau ingat, tapi umatnya. Betapa besar cinta beliau, masyaa Allah.


            Dengan adanya kepastian bahwa kita dicintai oleh Rasululllah, akankah kita mengabaikannya? Menyia-nyiakan cinta tulus seorang manusia suci, yang bahkan para sahabatnya pun tak rela bila ada duri melukainya? Sungguh rugilah kita bila demikian pilihannya.


            Pilihan yang paling tepat adalah membalas cintanya dengan kecintaan yang lebih besar lagi. Bisakah? Mungkin sulit bagi kita untuk menyetarakan cinta kita dengan beliau, apalagi melebihinya. Tidak masalah. Yang terpenting kita sudah berusaha untuk mencintainya setulus dan seikhlas yang kita mampu. Karena mencintai Nabi Muhammad adalah salah satu kewajiban kita terhadap beliau. Karena dengan mencintainya, kita akan dapat merasakan manisnya iman. Seperti sabda beliau,

                       “Tiga perkara jika kalian memilikinya, kalian akan merasakan                          manisnya iman. Pertama, menjadikan Allah dan Rasul-Nya lebih                       dicintai dari selainnya. Kedua, mencintai seseorang semata-mata                           karena Allah. Ketiga, tidak suka kembali kepada kekafiran setelah                     diselamatkan Allah seperti halnya ia tidak suka dilemparkan ke                            dalam api neraka.” (HR. Imam Bukhari dan Imam Muslim)






                                                                                                                               

                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                             


 


                                                                            


Selain itu, mencintai Nabi adalah salah satu bukti keimanan kita. Mengapa?

لايؤمن أحدكم حتى أكون أحب إليه من والده وولده والناس أجمعين (رواه البخارئ)            

“Tidak beriman salah seorang dari kalian hingga aku lebih dicintai daripada orang tuanya, anak-anaknya, dan seluruh manusia.” (HR. Muslim)


Jelaslah sudah bahwa bila kita mengaku sebagai seorang mukmin, maka harus mencintai Rasulullah dengan cinta yang melebihi cinta kita kepada orang tua maupun anak-anak kita. Kalau kita masih lebih mencintai orang tua daripada Rasulullah , berarti iman kita belum sempurna. Astaghfirullah ...


Rela atau terpaksa, suka atau tidak, sudah seharusnya, kita mencintai Nabi kita, suri tauladan kita, yang akan memberikan syafaatnya pada kita di hari Akhir nanti. Bagaimana kita bisa tahu bahwa cinta itu sudah tumbuh dalam dada ini? Bisakah ia tumbuh begitu saja, dengan sendirinya, tanpa disiram air dan pupuk? Bisakah kita mencintai orang yang bahkan wajahnya pun tak pernah kita lihat? Mustahilkah? Tidak! Banyak cara yang bisa kita lakukan agar cinta itu bersemi dan tumbuh subur di dalam sanubari kita.


            Membaca sirahnya. Ya, melalui sirah nabawiyah, kita bisa tahu betapa lembut akhlaknya, betapa kasih sayangnya kepada para sahabat juga musuhnya, betapa berat perjuangan dan pengorbanannya demi tegaknya Islam, betapa sederhana jalan hidup yang beliau lalui, betapa mulia seluruh aspek kehidupannya. Membaca sirahnya, air mata bisa mengalir tanpa disadari, semangat juang terlecut menyaksikan kegigihan dan keperkasaannya, dan malu, betapa diri belum seberapa dibandingkan dengan apa yang telah beliau lakukan, dengan segala derita yang beliau rasakan.


            Setelah cinta itu mulai bersemi, akankah kita lihat mekarnya? Adakah bukti nyata yang bisa kita nikmati? Bukti cinta kita kepada Sang Rasul? Baiklah, mari kita lihat apa saja yang bisa membuktikan bahwa cinta kita kepada beliau adalah tulus tidak semu.


            Bukti pertama bahwa kita mencintai Sang Nabi adalah, ketika disebut namanya, kita langsung bershalawat atasnya. Sekilas shalawat ini hanya untuk memuji dan mendoakan beliau. Namun pada hakikatnya, dengan bershalawat kepadanya, itu berarti kita juga mendoakan diri kita sendiri. Sebagaimana sabda  beliau

من صلى علي صلاة، صلى الله عليه بها عشرا (رواه أبوداود)                             

“Barangsiapa bershalawat kepadaku, niscaya Allah akan bershalawat kepadanya sepuluh kali.” (HR. Abu Dawud)


            Kedua, dengan ittiba’ atau mengikuti segala yang diperintahkannya atau yang dicontohkannya. Termasuk juga menghidupkan sunnah-sunnahnya, baik yang mudah maupun yang sulit. Baik yang kita sukai ataupun yang tidak kita sukai. Baik dengan sepenuh keikhlasan maupun dengan keterpaksaan. Tidak pilih-pilih. Mengikuti sesuai dengan kemampuan kita, bukan kesukaan kita. Dengan mengikuti sunnahnya, kita akan mendapatkan pahala dan juga syafaatnya nanti di yaumil akhir, aamiin. 

  قل إن كنتم تحبون الله فا تبعوني يحببكم الله ويغفرلكم ذ نوبكم  والله غفوررحيم

31. Katakanlah (Wahai Muhammad): "Jika  kamu (benar-benar)  mencintai Allah maka ikutilah aku, niscaya Allah akan mengasihi dan  mengampuni dosa-dosamu.”  Allah Maha Pengampun, lagi Maha Penyayang. (QS. Ali Imran: 31)


            Bukti cinta kepada Rasulullah yang ketiga adalah dengan membelanya. Saat Rasulullah baru saja wafat, ada beberapa orang yang mengaku sebagai nabi. Bahkan sampai saat ini pun masih saja ada yang mengaku nabi. Sedangkan Rasulullah adalah khatamul anbiya, penutup para nabi. Jadi, tak ada lagi nabi sesudahnya. Nah, kita sebagai orang yang merasa mencintai Rasulullah   , melihat fenomena ini harus bisa berbuat sesuatu. Kalau Khalifah Abu Bakar membela Rasulullah dengan cara memerangi para nabi gadungan tadi, lalu apa yang sudah kita lakukan?
          

            Berkaitan dengan membela Rasulullah , bukti cinta kita yang keempat adalah melanjutkan dakwahnya. Dengan berdakwah, kita bisa menyebarkan ajaran Rasulullah , sekaligus membela beliau dengan cara meng-counter opini-opini yang menyudutkan beliau atau bahkan menghina beliau. Bagaimana kalau kita tidak punya bakat atau kemampuan untuk berbicara di depan orang banyak, atau kita juga tidak memiliki kemampuan diskusi atau berdebat dengan orang lain? Masih ada cara lain, jangan khawatir. Kita bisa menjadi agen muslim yang baik (meminjam istilah Hanum Salsabila) melalui tingkah laku dan sikap kita sehari-hari. Kita bisa juga berdakwah melalui tulisan. Entah itu tulisan yang berbau serius seperti artikel atau jurnal ilmiah, ataupun tulisan yang bersifat santai seperti status yang sering kita buat di akun sosmed. Banyak cara dalam berdakwah dan membela Rasulullah .


            Last but not the last, bukti cinta kita kepada Rasulullah adalah dengan mencintai juga para pecintanya, seperti ahlul bait, para sahabat, tabi’iin dan orang-orang setelahnya. Merekalah para pecinta Rasulullah  . Merekalah para pembelanya, pelanjut dan pewaris risalahnya. Melalui mereka kita mendapatkan gambaran tentang Rasulullah  yang tidak pernah kita lihat wajahnya apalagi kita temui sosoknya. Oleh karenanya, kita pun harus mencintai mereka, bukan membencinya apalagi sampai menghujat.


            Demikianlah beberapa bukti kalau kita mencintai Rasulullah . Untuk mengukur seberapa dalam cinta kita, kita bisa mengetahuinya dengan melihat bukti-bukti di atas. Sudahkah kita melakukannya? Semoga Allah mudahkan kita dalam mencintai Rasulullah dan mengikuti ajarannya serta menghidupkan sunnah-sunnahnya. Aamiin ya rabbal’aalamiin.

قال رسول الله ﷺ : من احيا سنتي فقد أحبني، ومن أحبني كان معي في الجنة                           

Rasulullah bersabda, “Siapa saja yang menghidupkan sunnahku, berarti ia mencintaiku. Siapa saja yang mencintaiku, ia akan bersamaku di surga.” (HR. Imam Ath Thabrani)


#belajarnulisartikel

No comments: