Saturday, February 24, 2024

How to Recruit New SLC



Bismillaah
Pada hari Selasa, 15 Juni 2021, kembali kami, para SLC (Sygma Learning Consultant) mendapatkan suntikan energi dari Bu Ida. Kali ini tentang bagaimana merekrut SLC.

Innamal a'maalu binniyaat. Segala sesuatu itu tergantung niatnya. Oleh karena itu, sebelum mulai melangkah untuk merekrut, kita flashback dulu. Apa niat kita ingin menjadi SLC?

Saya sendiri, niatnya supaya bisa membeli buku dengan harga yang lebih murah. Dengan menjadi reseller, biasanya akan mendapatkan potongan harga. Selain itu, sebenarnya niat saya dulu karena ingin tahu, apa itu SLC. Kebetulan biaya pendaftarannya murah, cuma 20 ribu, jadi, enggak ada salahnya bergabung. Kalau enggak cocok, tinggalkan. Itu yang ada di pikiran saya dulu.


Ternyata, niat Bu Ida pun tidak jauh berbeda dengan saya. Beliau pun ingin melengkapi perpustakaan rumah dengan buku-buku berkualitas, dengan harga murah. Hampir sama ya? 

Pada awalnya, mungkin niat kita bergabung di SDI (Sygma Daya Insani) ini hanya untuk kepentingan pribadi yang bersifat duniawi. Mendapatkan buku dengan harga murah, mendapatkan komisi yang lumayan untuk menambah uang belanja, atau yang lebih ukhrowi seperti ingin bersedekah untuk orang tua. 

Boleh saja kita memiliki motivasi seperti di atas. Tetapi, bila motivasinya hanya sebatas tujuan duniawi, maka hanya itulah yang akan kita dapatkan. Seharusnya, motivasi ukhrowi menjadi tujuan utama kita. Karena segala sesuatu yang diniatkan untuk kebaikan akhirat, maka Allah akan memberikan apa yang kita niatkan untuk akhirat, di dunia pun Allah akan cukupkan kebutuhan kita. Sekali dayung, dua tiga pulau terlampaui.


Kini, saatnya kita memperbaiki niat kita sebagai SLC. Kita niatkan bahwa keterlibatan kita dalam komunitas ini adalah dalam rangka dakwah literasi Islam dengan membumikan siroh. Dengan harapan, ketika anak-anak generasi muda Islam telah banyak mengenal Rasulullah shallallahu'alaihi wa sallam, otomatis akan meneladani akhlak mulia beliau. Maka terwujudlah generasi muda Indonesia yang berakhlak mulia. Sehingga, mudah-mudahan apa yang kita lakukan mendapatkan pahala di akhirat, juga mendapatkan keuntungan di dunia. Aamiin.

Untuk pekerjaan besar ini, kita tidak bisa berjalan seorang diri. Kita butuh teman. Butuh jamaah, agar kita bisa tetap istiqamah, dan agar pekerjaan menjadi lebih ringan dan mudah dilakukan. Oleh karena itu, kita perlu merekrut SLC-SLC baru.

Ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan agar kita bisa bersemangat dalam melakukan perekrutan. Apa sajakah?

1. Tentukan alasan besar yang mendorong kita ingin merekrut orang lain menjadi mitra/partner kita.
2. Tentukan target dengan cara:
     - tantang diri untuk mencapai target yang 
        membuat gemetaran;
      - afirmasi bahwa kita sanggup mencapai
         target tersebut;
      - lakukan ikhtiar bumi dan langit.

Dan seterusnya....🤭




No comments: