Thursday, April 18, 2024

Perempuan Hebat Itu Telah Pergi



Bismillah


Ahad, 7 April 2024 atau 27 Ramadan 1445 H, menjadi hari terakhir kami bersamanya. Setelah sakit sejak hari Senin sebelumnya, berarti sekitar enam hari, kini, beliau tidak merasakan sakit lagi. Allah telah memanggilnya untuk selama-lamanya. 



Beliau, Ibu Sujiati, ibu mertuaku, ibu suamiku, nenek anak-anakku. Salah satu perempuan hebat yang pernah ada dalam hidupku. Perempuan hebat yang telah membuatku mampu menjalani kehidupan dengan lima anak. Tanpanya, aku bukan apa-apa. 



Beliau sangat menyayangi kami, bahkan cenderung memanjakan. Ya, bukan hanya cucunya, anak dan menantunya pun dimanjakan. Dari segi makanan maupun pekerjaan. Beliau lebih suka sibuk sendiri dan tidak ingin melihat kami mengerjakan hal-hal yang masih bisa beliau lakukan. Bahkan, beliau pernah merasa tidak berguna saat kami mencoba mengambil alih pekerjaannya. Alhasil, kami pun membiarkan beliau bekerja sesuai keinginannya, daripada beliau merasa tak bermanfaat.



Dari segi makanan, beliau paling tahu makanan favorit kami masing-masing. Dari anaknya, menantunya, hingga kelima cucunya. Beliau hafal semua dan selalu berusaha memasakkannya untuk kami. Namun, jadinya ada sisi negatifnya. Anak-anak jadi ada yang pilih-pilih makanan. Bahkan, mereka tidak mau mengonsumsi makanan tersebut karena bukan embahnya yang membuat. Padahal, rasanya juga standar. 



Ya, ibu memang jago masak. Beliau membuka katering dan sangat hobi memasak. Sakit pun tidak dirasakan bila ada aktivitas memasak. Bisa dua hari tidak tidur, bila sedang sibuk memasak. Dan, rasa masakannya tidak ada duanya. Itu karena, beliau memasak dengan hati, kata suamiku, anaknya. Bumbunya pun, bumbu asli, bukan instan. Jadi, tak heran, bila rasanya juga mantap. Sedangkan, zaman sekarang ini, restoran pun banyak yang hanya menggunakan bumbu instan bukan yang diracik sendiri dari bahan-bahan yang masih segar. Makanya, rasanya tak seenak dan sesedap masakan perempuan hebat itu. MaasyaaAllah.



Kini, kami tak lagi bisa menikmati semua itu. Tepatnya, sejak kurang lebih empat tahun yang lalu, saat beliau terkena stroke dan tidak bisa beraktivitas lagi. Beliau hanya bisa berbaring di tempat tidur. Makan, minum, mandi, buang hajat, semua harus dibantu. Dan, semua itu dilakukan oleh laki-laki hebatku, suamiku, anak pertamanya. 


Laki-laki hebat itu terlahir dari perempuan hebat tersebut. MaasyaaAllah alhamdulillaah, aku dikelilingi oleh orang-orang hebat. 


Saat ibu meninggal, semua diurus oleh laki-laki hebatku itu. Dia yang memandikan, mengafani, menyolatkan, dan memakamkan. Walaupun, memang, ada yang membantu. Tapi, semua berjalan di bawah kendalinya. MaasyaaAllah, bi idznillah. Semua berjalan dengan lancar. 


Kini, perempuan hebat itu telah pergi dan tak lagi di sisi. Bisakah diri ini sehebat dirinya? Mendidik anak-anak sehebat lelaki hebat yang telah dilahirkannya itu?
Hanya kepada-Mu aku memohon pertolongan, ya Allah. Mampukan, mudahkan aku agar dapat mendidik anak menjadi anak-anak yang taat kepada-Mu dan kepada kami orang tuanya. Aamiin yaa mujibassaailin 🤲🏻

No comments: