Friday, April 19, 2024

Pedas Itu Enak?


Sumber: https://hellosehat.com/gigi-mulut/cara-lidah-mengenal-rasa-makanan/

Bismillah


Saat ini, makanan pedas sedang menjamur. Dilihat dari tersedianya makanan tertentu dengan level kepedasan yang bermacam-macam. Dan, banyak makanan yang ditawarkan ke konsumen, merupakan makanan pedas yang juga diembel-embeli dengan challenge kepedasannya. Seolah-olah nggak keren kalau nggak makan yang pedas-pedas.



Di balik itu, memang banyak orang yang suka dengan makanan pedas. Beberapa teman saya bahkan, sangat suka pedas. Sampai-sampai, saat makan bakso, saking banyaknya sambal yang dituangkan ke mangkuknya, maka dijuluki "sambel dibaksoin", bukan bakso disambelin. Dan, warna kuahnya pun sangat merah, karena sambal yang dituangkan sangat banyak. 



Memang enak sih, makan makanan pedas. Sering, kita kurang berselera makan bila tidak ada rasa pedas. Dan, memang pedas menjadi mood booster tersendiri agar nafsu makan bertambah. 



Saya sendiri juga suka pedas. Bahkan, bila makan nasi tidak ada sambal, saya pun akan makan dengan cabai utuh, langsung digigit bersama nasinya. Demi ada rasa pedas. 



Namun, sekarang saya agak mengurangi makanan pedas karena pernah sakit diare dan sampai dirawat di rumah sakit. Ternyata hal itu bisa menyebabkan trauma sehingga saya bisa menahan diri untuk tidak makan makanan yang terlalu pedas, sewajarnya saja. 



Walaupun begitu, saat pergi haji, makanan pedas menjadi makanan yang paling dicari. Karena menu makanan di Makkah dan Madinah memang rata-rata plain, tidak seperti di Indonesia. Oleh karena itu, saos sambal menjadi barang yang sangat dicari-cari. Bahkan, banyak jamaah haji yang membawa bekal sambal dari Indonesia, seperti saya. Waktu itu saya bawa sambal pecel yang dalam waktu singkat langsung habis. 


Bagaimana dengan keluarga saya? Sama seperti mayoritas masyarakat Indonesia, mereka pun suka pedas walaupun berbeda-beda level. Tapi, rata-rata, kami suka yang sedang saja, bukan yang level tinggi. Kecuali anak nomor tiga. Dari kecil suka pedas, bahkan ketika pertama kali mondok, salah satu item yang tidak boleh ketinggalan saat menyiapkan bekal adalah saos sambal. Sampai sekarang, kalau makan mie, pasti yang pedas-pedas, yang buat saya sendiri kadang tidak sanggup dan tidak berani memakannya. 



Menurut https://www.gramedia.com/literasi/pedas-bukanlah-rasa-tetapi/, pedas ternyata bukan merupakan rasa, tetapi sensasi. 


"Cabai atau tumbuhan lain yang meninggalkan sensasi pedas mengeluarkan zat kimia bernama kapsaisin. Kapsaisin sendiri merupakan komponen aktif dari cabai atau tumbuhan lain yang sejenis. Kapsaisin akan menyebabkan iritasi atau sensasi terbakar bila dikonsumsi atau sekadar bersentuhan dengan jaringan manapun."


MaasyaaAllah, saya baru tahu, kalau pedas bukan rasa, tapi sensasi. Karena rasa yang bisa diindera oleh lidah hanya empat, yaitu manis, asam, asin, dan pahit seperti yang terlihat di gambar.




No comments: