Thursday, January 4, 2024

Menulis Lagi




Bismillah


Hari ini, setelah satu tahun lebih, saya bertekad untuk rutin menulis lagi dengan mengikuti KLIP. Sebenarnya saya sudah pernah ikut KLIP ini beberapa kali. Dan, terakhir kali ikut, kalau tidak salah tahun 2022. Sayang sekali, saya gagal di babak awal karena setoran tulisan saya kurang dari target. Nah, sekarang saya akan mencoba lagi. Bismillah ... Semoga bisa sampai finish.


Saya tidak menulis selama setahun lebih, bukan karena tidak ada topik. Tetapi, yang pertama sih, karena malas, ya. Ini sesuatu yang sangat buruk dan tidak boleh terulang lagi. Kemalasan itu datang berawal dari kritikan suami terhadap tulisan saya. Ternyata, berdampak sangat buruk terhadap mood menulis saya. Akibatnya, blog ini kosong melompong. Untung nggak hilang. 


Faktor lain yang menyebabkan saya tidak menulis, biasa, karena keriweuhan dunia nyata. Mengajar kembali, setelah satu tahun vakum, ternyata membuat saya harus belajar lagi dan bekerja ekstra keras dibandingkan sebelumnya. Belum lagi tambahan tugas untuk mengajar SMP. Jadilah, kepala pusing karena harus memikirkan banyak hal.


Nah, mengapa sekarang saya menulis lagi? Alasan pertama sebenarnya, karena saya melihat postingan pendaftaran KLIP yang lewat di beranda Instagram. Padahal, dulu, saya kenal KLIP dari Facebook. Sekarang melalui Ig karena saya lebih sering membuka Ig daripada FB. 


Beberapa hari ini, saya memang mencari pelatihan tentang mengajar karena ada target dari sekolah untuk memiliki sertifikat pelatihan minimal satu dalam satu tahun. Qadarullah, yang saya lihat di Ig itu, kebanyakan pelatihan menulis dan hampir semua berbayar. Makanya, saat lihat pendaftaran KLIP, jadi tertarik. Menulis itu kan, memang harus banyak latihan. Sekarang, kita latihan sendiri dulu. Nanti kalau ada rezeki baru ikut yang serius dan berbayar. 


Sebenarnya, saya ingin ikut yang berbayar karena saya ingin meningkatkan kemampuan menulis saya dalam bidang yang lebih serius seperti artikel ilmiah. Selain ini memang saya perlukan untuk diri sendiri -ingin nyoba bikin seperti itu-, insyaaAllah ini juga bermanfaat untuk siswa SMP. Salah satu target literasi anak SMP adalah membuat karya ilmiah. Oleh karena itu, salah satu target tahun ini, ingin bisa belajar dan menulis literatur yang lebih baik dan lebih ilmiah.

Bismillah
Ya Allah, mudahkan saya agar bisa berdakwah dan menebar kebaikan melalui tulisan. Aamiin yaa mujibassaailin 🤲🏻

No comments: