Saturday, April 3, 2021

Fun Literacy Activities

Bismillaah

Alhamdulillaah, hari ini kembali belajar untuk meng-upgrade diri. Belajar tentang literasi. Semoga ini passion saya. Berkecimpung dalam bidang literasi. 

Berawal dari acara "Bincang Literasi" yang diselenggarakan oleh Penerbit Al Kautsar -salah satu penerbit favorit saya-, akhirnya kecemplung di kelas literasi Dompet Dhuafa. Tadinya ingin bergabung menjadi relawan literasi, tapi .... Hehe ... Ternyata hanya untuk anak muda. Usia saya sudah kadaluarsa 🤭. Tapi, tak apalah, yang penting masih bisa belajar. Alhamdulillaah.

Hari ini, belajar tentang bagaimana menumbuhkan semangat literasi kepada anak didik dan juga anak sendiri. Sebagai guru dan orang tua, saya merasa sangat terinspirasi dengan materi yang disampaikan oleh Bu Marlina Ayuningtyas.

Sayangnya, saya tidak mengikuti dari awal karena harus mengambil rapor Mufid. Tadinya juga mau kirim paket juga ke sebuah ekspedisi. Entah mengapa, rasanya malas dan ingin pulang. Alhamdulillaah, ternyata Allah akan memberikan ilmu yang sangat bermanfaat dan istimewa.

Salah satu materi yang sangat penting adalah bahwa membaca nyaring sangat bermanfaat untuk anak-anak. Termasuk membacakan buku. Meskipun mereka sudah bisa membaca sendiri, membacakan buku untuk mereka tetap memberikan banyak manfaat.


Banyak sekali ya, manfaat membacakan buku. Dengan intonasi dan ekspresi yang menarik, anak-anak yang dibacakan buku akan termotivasi untuk membaca sendiri buku tersebut. Sehingga cinta buku pun akan tertanam dalam diri mereka.

Selain itu, tadi juga belajar game literasi. Memang, sebagian besar merupakan game yang bisa dilakukan ketika pembelajaran offline. Tetapi, tadi Bu Marlina juga mengajari tentang game literasi yang bisa dilakukan secara online. Game tersebut menggunakan aplikasi Google Slide.


Di aplikasi tersebut, kita bisa bermain susun gambar. Kita sediakan beberapa gambar berseri yang sudah ada kalimat deskripsinya dan diletakkan secara acak. Tugas siswa adalah menyusun gambar tersebut agar menjadi sebuah cerita yang runtut. Hanya saja, bagi siswa yang menggunakan hp, harus memiliki aplikasi Google Slide. Dan, harus diunduh terlebih dahulu. Tetapi kalau menggunakan laptop atau komputer, tidak perlu mengunduh.

Sedangkan game lainnya tadi ada "Bunga Huruf" dan "Walking Story". Ini ilmu baru bagi saya dan, tentunya sangat bermanfaat. Bahagia sekali rasanya. Seperti musafir yang sedang berjalan di padang pasir. Ketika sedang kehausan, kepanasan, dan kelelahan, tetiba menemukan oase yang sangat jernih. Alhamdulillaah wa syukurillah.

Malam ini, saat menulis ini, dapat kabar dari tiga sahabat bahwa video saya mendapat hadiah dari Mas Fadhil and team. Alhamdulillaah, ya Allah, banyak sekali nikmat yang Kau berikan hari ini. Semoga saya menjadi hamba yang pandai bersyukur. 
Satu lagi. Hari ini saya murojaah surat Ar Rahman. MasyaAllah, ini bukan suatu yang kebetulan. Semua sudah diatur oleh Allah.

No comments: