Monday, December 28, 2020

Si Cokelat Penyelamat


Bismillaah


Tinggal di pondok, bagi anak yang normal, mungkin tak terlalu mencemaskan. Mereka bisa survive dengan fasilitas yang diberikan oleh pihak pondok. Tapi buat anak yang tak mau makan nasi? Sungguh membuat khawatir dan kepikiran tiada henti.


Salah seorang anak saya tidak mau makan nasi sejak kecil. Nasi dalam bentuk dan warna serta rasa apa pun, dia tidak mau. Kecuali satu, kue kering yang diolah dari nasi yang dikeringkan, lalu digoreng dan diberi gula. Itu saja. Mana ada gizinya?


Saat di rumah, keadaan itu tak terlalu merisaukan hati karena di rumah ada alternatif makanan yang bisa disantapnya. Ada kentang, donat, roti, ikan atau ayam goreng, dan lain-lain.


Tapi saat di pondok? Pihak pondok tidak ingin membeda-bedakan antara satu santri dengan santri lainnya. Begitu pun dalam hal menu makanan. Hanya satu jenis menu yang disediakan: nasi dan lauk-pauk. Tak ada roti atau pun donat, apalagi kentang goreng. Alhasil, anak saya hanya makan makanan instan. Sereal, biskuit, kadang-kadang mie instan. 


Sebagai seorang ibu, saya tentu khawatir dengan kesehatannya, bila makanan yang dikonsumsi hanya seperti itu. Sayur yang disediakan pondok pun tak menggugah seleranya. Otomatis hanya makanan kering itu yang menjadi menunya sehari-hari.


Alhamdulillaah, Allah menyediakan makanan sehat namun tahan lama. Kurma. Selain menyehatkan karena mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan tubuh, kurma juga dapat disimpan dalam jangka waktu lama. Tidak seperti buah pada umumnya, yang hanya bisa bertahan beberapa hari, kurma bisa bertahan selama berbulan-bulan. 


Di balik warna cokelat itu terkandung banyak zat gizi yang diperlukan oleh tubuh kita. Kurma mengandung:
  • Kalori: 281 kcal per 100gr
  • Lemak total: 0.03 gr
  • Karbohidrat total: 5.33 gr
  • Serat: 0.6 gr
  • Gula: 4.5 gr
  • Protein: 0.17 gr
  • Vitamin B6: 0.012 mg
  • Zat besi: 0.07 mg
  • Magnesium: 3 mg
  • Potassium: 47 gr.

Begitu lengkapnya nutrisi di dalam sebuah kurma, sehingga hanya dengan mengonsumsinya saja, insyaaAllah kebutuhan nutrisi harian kita sudah tercukupi. Meskipun tidak makan nasi sekalipun. MasyaAllah.


Karena kandungan gizinya yang sangat lengkap, membuat kurma memiliki banyak manfaat. Mengutip dari laman m.klikdokter.com, manfaat kurma antara lain:
1. mencukupi kebutuhan gizi dan kalori
2. melancarkan sistem pencernaan
3. mencegah penyakit kronis seperti seperti penyakit jantung, kanker, diabetes, dan alzheimer
4. menstabilkan gula darah dan pengganti gula yang sehat
5. membantu melancarkan proses persalinan normal
6. jadi menu tambahan dalam diet
7. mengganti elekrolit tubuh yang hilang
8. meningkatkan kesuburan
9. mencegah anemia
10. melindungi tubuh dari peradangan.


MasyaAllah, sungguh luar biasa buah kurma ini. Kecil, tapi kaya manfaat. Rasanya pun manis. Enak di mulut. Anak-anak pun suka. Alhamdulillaah, dengan adanya si cokelat ini, jadi berkurang rasa khawatir saya. InsyaaAllah kebutuhan nutrisi anak yang tidak doyan nasi ini tetap tercukupi hanya dengan mengonsumsi kurma. Alhamdulillaah 'alaa kulli hal. Terima kasih ya Allah.







No comments: