Sunday, April 21, 2024

Semoga Istiqamah



Bismillaah

Ramadan telah pergi. Entah kapan dia akan menemui kita lagi. Masihkah ada kesempatan di tahun depan? Wallahu a'lam. Namun kita tak henti memohon kepada-Nya agar bisa bertemu lagi dengannya.

Ramadan yang hadir setiap tahun, selalu meninggalkan kenangan indah yang selalu tak sama. Kenangan manis yang mengusik kalbu dan menggetarkan ruhiyah.


Ramadan tahun ini, alhamdulillaah Allah berikan banyak ilmu dan kesempatan untuk lebih banyak merenung dan bermunajat. Kesempatan menimba ilmu dari para masyaikh langsung dari Arab Saudi, meskipun hanya melalui Zoom meeting. MaasyaaAllah, nikmat yang sangat luar biasa. Gratis, pula. Sayangnya, saya tidak bisa mengikuti semua kajiannya. 



Di Ramadan tahun ini pula, saya mendapatkan semangat yang lebih tinggi untuk menghidupkan sepuluh malam terakhir dan memperbanyak tilawah. Namun, qadarullah, justru capaiannya menurun dibandingkan tahun lalu. Tahun ini hanya bisa khatam 2,5 kali padahal tahun kemarin bisa 3 kali. Alhamdulillaah 'alaa kulli haal. 



Ramadan tahun ini, anak-anak sudah mulai semangat i'tikaf, walaupun belum semuanya dan belum full. Tetapi, itu juga patut disyukuri. Semoga tahun depan, Allah berikan nikmat bertemu dengan Ramadan kembali dan kami bisa beri'tikaf sekeluarga bersama-sama. Aamiin yaa mujibassaailin. 🤲🏻



Sedihnya, Ramadan tahun ini, kami ditinggalkan oleh orang tua kami tercinta. Semoga Allah mengampuni dosa-dosa beliau, Allah terima amal ibadah beliau, dan Allah tempatkan beliau di tempat yang mulia di sisi-Nya. Aamiin.


Ramadan telah pergi, tetapi ibadah tak boleh kendor. 

Imam Ibnu Rajab al-Hanbali berkata:

"Siapa yang selesai melakukan suatu ketaatan maka tanda diterimanya ketaatan tersebut adalah dilanjutkannya ketaatan tersebut dengan ketaatan yang lain. Sedangkan tanda ditolaknya ketaatan tersebut adalah dilakukannya kemaksiatan setelah ketaatan tersebut. Kebaikan yang paling baik adalah kebaikan yang dilakukan setelah keburukan sehingga menghapus dosanya. Keburukan yang paling buruk adalah keburukan yang dilakukan setelah kebaikan sehingga bisa menghapusnya."


Ya Allah, mudahkanlah kami agar selalu berada dalam ketaatan kepada-Mu. Terimalah amal ibadah kami, puasa kami, shalat kami, tilawah kami, sedekah kami, dan semua amal ibadah karena kami, aamiin yaa rabbal'aalamiin 🤲🏻

No comments:

Post a Comment